Newest Post

// Posted by :ayun meliana // On :Senin, 02 Februari 2015

PEMBAHASAN

A.           PENGERTIAN PERPUSTAKAAN
Dalam bahasa Indonesia istilah “perpustakaan” dibentuk dari kata dasar pustaka ditambah awalan “per” dan akhiran ”an”. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia perpustakaan diartikan sebagai “kumpulan buku-buku”. Dalam bahasa Inggris disebut “library yang berarti perpustakaan. Dalam bahasa Arab disebut “al-Maktabah” yang berarti tempat menyimpan buku-buku. Sedangkan menurut istilah “Perpustakaan merupakan kumpulan bahan tercetak dan non tercetak dan atau sumber informasi dalam komputer yang tersusun secara sistematis untuk kepentingan pemakai.
Menurut Sutarno NS, “Perpustakaan adalah suatu ruangan, bagian dari gedung/bangunan, atau gedung itu sendiri, yang berisi buku-buku koleksi, yang disusun dan diatur sedemekian rupa sehingga mudah dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan untuk pembaca. Adjat Sakri menjelaskan, bahwa perpustakaan adalah lembaga yang menghimpun pustaka dan menyediakan sarana bagi orang untuk memanfaatkan koleksi pustaka tersebut. C. Larasati Milburga, dkk mendefinisikan bahwa perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk digunakan secara berkesinambungan oleh pemakainya sebagai sumber informasi.



Ada beberapa ciri perpustakaan yang dapat kita rinci sebagai berikut :
1.    Perpustakaan itu merupakan suatu unit kerja
Adanya perpustakaan tidak berdiri sendiri, tetapi merupakan unit kerja dari suatu badan atau lembaga tertentu. Sebagai contoh perpustakaan IKIP Malang merupakan unit kerja IKIP Malang, Perpustakaan SMP 1 Sumenep merupakan unit kerja SMP 1 Sumenep, perpustakaan SMEA merupakan unit kerja SMEA, begitu pula perpustakaan BKKBN merupakan unit kerja BKKBN.
2.    Perpustakaan mengelola sejumlah bahan pustaka
Di perpustakaan di sediakan sejumlah bahan pustaka. Bahan pustaka hanya berupa buku-buku, tetapi juga bukan berupa buku (non book material) seperti majalah,surat kabar, brosur,micro film, peta, globe, gambar-gambar. Jumlah bahan pustaka ini tergantung pada kebutuhannya yang didasarkan kepada jumlah pemakaiannya. Semakin besar jumlah pemakaiannya maka bahan pustaka yang tersedia harus semakin banyak. Bahan-bahan pustaka tersebut tidak hanya disusun dan disimpan, tetapi dikelola dengan sebaik-baiknya menurut aturan tertentu seperti diinventarisasi, diklasifikasikan menurut sistem klasifikasi tertentu, di buatkan kartu katalog, dilengkapi dengan lidah buku, label buku, kantong buku, kartu buku, sehingga siap dipinjamkan kepada siapa saja yang ingin meminjamnya, khususnya anggota perpustakaan.
3.    Perpustakaan Harus digunakan oleh pemakaian
Tujuan pengelolaan atau pengaturan bahan-bahan pustaka tidak lain adalah agar dapat digunakan dengan sebaik-baiknya oleh pemakaiannya. Lebih jauh lagi adalah bagaimana agar dengan pengaturan tersebut dapat membangkitkan minat setiap pemakaian untuk selalu mengunjungi perpustakaan. Dengan demikian, perpustakaan tersebut akan selalu digunakan oleh pemakian atau oleh anggotanya. Pemakian perpustakaan tersebut tergantung atau sesuai dengan unit kerjanya. Misalnya perpustakaan sekolah, maka pemakaiannya adalah murid-murid, guru dan anggota lainnya, perpustakaan perguruan tinggi, maka pemakaiannya adalah segenap anggota civitas akademika, dan untuk perpustakaan kantor, maka pemakaiannya adlah segenap pegawaai kantor yang bersangkutan.
4.                                        Perpustakaan sebagai sumber informasi
Perpustakaan tidak hanya sebagai tumpukkan buku tanpa ada gunanya, tetapi secara prinsip, perpustakaan harus dapat dijadikan atau berfungsi sebagai sumber informasi bagi setiap yang membutuhkannya. Dengan kata lain, tumbukan buku yang dikelola dengan baik itu baru dapat memberikan informasi bagi setiap memerlukannya. Sudah barang tentu tingkat kemampuan memberikan informasi tersebut tergantung kepada keadaan bahan pustaka yang tersedia serta keahlian pustakawannya.
Dari beberapa pengertian di atas dapat ditarik suatu kesimpulan pengertian perpustakaan sesecara umum adalah suatu unit kerja yang berupa tempat mengumpulkan, menyimpan dan memelihara koleksi pustaka baik buku-buku ataupun bacaan lainnya yang diatur, diorganisasikan dan diadministrasikan dengan cara tertentu untuk memberi kemudahan dan digunakan secara kontinu oleh pemakainya sebagai informasi.
B.            FUNGSI PERPUSTAKAAN
Perpustakaan sekolah merupakan bagian penting dari program penyelengaraan pendidikan tingkat sekolah yang memiliki fungsi untuk mendukung penyelenggaraan perpustakaan sekolah. Menurut Yusuf (2005:4) perpustakaan sekolah memiliki fungsi umum yaitu :
  1. Fungsi Edukatif yaitu secara keseluruhan segala fasilitas, sarana dan prasarana perpustakaan sekolah, terutama koleksi dapat membantu murid  dalam proses belajar. Di dalam perpustakaan sekolah disediakan buku-buku baik buku-buku fiksi maupun non fiksi. Adanya buku-buku tersebut dapat membiasakan murid-murid belajar mandiri tanpa bimbingan guru, baik secara individual maupun berkelompok.
  2. Fungsi Informatif dari perpustakaan sekolah adalah mengupayakan penyediaan koleksi yang bersifat memberi tahu akan hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan guru dan murid.
  3. Fungsi tanggung jawab administratif fungsi ini tanpak pada kegiatan sehari-hari di perpustakaan sekolah dimana setiap ada peminjaman dan pengembalian buku selalu dicatat oleh guru pustakawan.
  4. Fungsi Kreasi, bukan merupakan fungsi utama, namun sangat penting kedudukannya dalam upaya peningkatan intelektual dan inspirasi.
  5. Fungsi Riset, membuat koleksi yang ada di perpustakaan sekolah menjadi bahan riset atau penelitian sederhana.
Kemudian, secara umum fungsi dari perpustakaan adalah sebagai berikut :
  1. Fungsi informasi
perpustakaan menyediakan berbagai informasi yang meliputi bahan cetak, terekam, maupun koleksi lainnya agar pengguna dapat:
a.       Mengambil berbagai ide dan buku yang ditulis oleh para ahli dan berbagai bidang ilmu.
b.      Menumbuhkan rasa percaya diri dalam menyerap informasi dalam berbagai bidang serta mempunyai kesempatan untuk dapat memilih informasi yang layak sesuai dengan kebutuhannnya.
c.       Memperoleh kesempatan untuk mendapatkan berbagai informasi yang tersedia diperpustakaan  dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan.
d.      Memperoleh informasi yang tersedia di perpustakaan untuk memecahkan masalah yang dihadapi didalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat.
  1. Fungsi pendidikan.
Perpustakaan perpustakaan menyediakan berbagai informasi yang meliputi bahan cetak, terekam, maupun koleksi lainnya sebagai sarana untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menerapkan tujuan pendidikan.melalui fungsi ini manfaat yang diperoleh adalah:
a.       Agar pengguna perpustakaan mendapat kesempatan untuk mendidik diri sendiri secara berkesinambungan.
b.      Untuk membangkitkan dan mengembangkan minat yang telah di miliki pengguna yaitu dengan mempertingggi kreativitas dan kegiatan intelektual.
c.       Mempertinggi sikap sosial dan menciptakan masyarakat yang demokratis.
d.      Mempercepat penguasaan dalam bidang pengetahuan dan teknologi baru.





  1. Fungsi kebudayaan.
Perpustakaan menyediakan berbagai informasi yang meliputi bahan cetak, terekam, maupun koleksi lainnya yang dapat dimanfaatkan:
a.       Meningkatkan mutu kehidupan dengan memanfaatkan erbagai informasi sebagai rekaman budaya bangsa  untuk meningkatkan taraf hidup dan mutu kehidupan manusia baik secara individu maupun secara kelompok.
b.      Meningkatkan minat terhadap kesenian dan keindahan yang merupakan salah satu kebutuhan manusia terhadap cita rasa seni.
c.       Mendorong tumbuhnya kreativitas dalam berkesenian.
d.      Mengembangkan sikap dan sifat hubungan manusia yang positif serta menunjang kehidupan antar budaya secara harmonis
e.       Menumuhkan budaya baca dikalangan pengguna sebagai bekal penguasaan.
  1. Fungsi rekreasi.
Perpustakaan sebagai sarana untuk pemanfaatan waktu lenggang dengan bacaan yang bersifat rekreatif dan hiburan yang positif dan menyediakan informasi yang meliputi bahan tercetak, terekam maupun koleksi lainnya untuk:
a.       Menciptakan kehidupan yang seimbang antara jasmani dan rohani.
b.      Mengembangkan minat rekreasi pengguna melalui berbabgai bacaan dan pemanfaatan waktu senggang.
c.       Menunjang berbagai kegiatan kreatifitas serta hiburan yang positif.


  1. Fungsi penelitian.
Sebagai penelitian perpustakaan menyediakan berbagai informasi untuk menunjang kegiatan penelitian informasi yang disajikan meliputi berbagai jenis dan bentuk informasi sesuai dengan kebutuhan lemabaga
  1. Fungsi deposit.
Sebagai fungsi deposit Perpustakaan berkewajiban menyimpan dan melestarikan semua karya-karya, baik cetak maupun noncetak, yang diterbitkan di wilayah indonesia.perpustakaan yang menjalankan fungsi defosit secara nasional adalah perpustakaan nasional.















Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © Materi pembelajaran //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //